Perempuan? Perempuan yang mana?

Hai. Nama gue Anastasia Margaretha Eka Putri, gue biasa dipanggil Etha. Atau Bogel. Atau Bonsai. Atau Hindun. Atau yang lain-lain lagi. Umur gue 22 tahun. Dan gue seorang perempuan.


Gue perempuan. Dan kali ini gue mau nulis sesuatu yang berhubungan dengan perempuan, juga stigma yang melekat dari kata perempuan itu sendiri. Gue nulis ini karena capek juga dengerin orang-orang yang selalu ngomong “perempuan tuh harusnya begini, perempuan tuh harusnya begitu...”


Gue perempuan. Gue ngga pinter masak (iya, satu-satunya bahan yang paling gue jago masaknya tuh cuma jamur. Diapain aja deh, pokoknya jamur). Gue cuma bisa jahit kancing baju sama benerin resleting yang ngadat. Gue lebih milih nulis di blog daripada ngaduk adonan kue. Gue lebih milih ke rak novel science fiction daripada ke rak buku resep masakan. Gue lebih milih baca novel tebel daripada nail art di salon. Tapi apakah nilai “perempuan” dari diri gue berkurang?


Ibu Secilia Hety. Nyokap gue. Nyokap gue bukan orang yang pinter nawar barang di pasar. Nyokap gue ngga jago masang-masangin baju satu dengan baju lainnya. Nyokap gue jarang pakai makeup ataupun skincare (yang akhirnya bikin gue heran karena wajah nyokap tetep cakep-cakep aja). Nyokap gue seorang ibu rumah tangga yang dulunya pernah jadi wanita karir. Nyokap gue, kalo boleh milih, sebenernya lebih milih jadi wanita karir daripada jadi ibu rumah tangga. Bukan, bukan karena nyokap gue ngga suka di rumah, tapi nyokap gue pengen jadi mandiri dan punya banyak relasi. Terus, apakah nilai “perempuan” dari diri nyokap gue berkurang?


Sebut aja Adinda. Temen gue. Adinda ini lebih tua dari gue dan (sebut aja) udah jadi wanita karir, dan lebih mementingkan karir daripada cari pacar. Satu-satunya hal yang ada di pikiran temen gue ini ya cuma kerja, karir, duit banyak, dan hepi. Dia salah satu orang yang menganggap uang adalah sumber kebahagiaan. Menikah? “Ngga deh, nikah tuh salah satu pintu gerbang menuju masalah finansial”, katanya. Punya anak? “Ngga deh, gue ngga mau ngelahirin seorang anak di dunia yang udah serba susah dan perang kayak gini.” katanya. Salah? Gue rasa sih ngga ya. Sumber kebahagiaan orang, cara hidup orang, perspektif hidup orang, akan selalu berbeda. Hidup mereka, mereka yang jalanin, and who are we to judge? Dan apakah nilai “perempuan” dari Adinda ini berkurang?


Sebut aja Tika. Sepupu gue. Tika ini nikah muda, udah punya satu anak. Dia tetep bekerja sebagai tenaga medis di sebuah puskesmas di ibukota. Tika tiap hari nitipin anaknya ke daycare, dan nitipin pekerjaan rumah ke seorang embak buat bantu-bantu. Tiap hari, hidup Tika ribet banget mulai masak, ngurusin anak, berangkat kerja, dan lain-lainnya. Sorenya, Tika udah ada di rumah sambil main bareng anak, dan kumpul bareng keluarga. Kadang dalam beberapa periode, Tika akan menghabiskan waktu bersama suami, atau teman-teman hanya untuk melepas penat, nongkrong sambil ngebir tipis-tipis. Lalu, apakah nilai “perempuan” dari Tika ini berkurang?


Udah mayan jelas kan penjelasan gue? Gue gatel banget rasanya tiap ada orang ngomong “perempuan tuh kodratnya masak, macak, manak..” atau “perempuan tuh harusnya di rumah, ngga perlu sekolah tinggi-tinggi toh ujungnya di dapur..” atau “perempuan tuh harusnya menikah, punya anak, ngurus anak, ngga usah keluyuran.”. Tiap kali gue denger orang bilang begitu, entah kenapa gue merasa ada beban tersendiri untuk jadi perempuan. Perempuan dengan stigma yang ditanamkan kebanyakan oleh.......perempuan lainnya.


Entah, gue sering denger atau liat perempuan ngomong “dandan bisa, masak bisa, kurang apa gue?” yang pada akhirnya membuat perempuan lain menjadi.....down. Down karena mereka berbeda. Down karena mereka memilih jalan yang berbeda untuk menjadi “perempuan”.


Dari contoh yang gue kasih tadi, gue rasa ngga ada nilai “perempuan” yang berkurang dari mereka. Mau menikah atau ngga, mau punya anak atau ngga, mau jadi wanita karir atau ibu rumah tangga, mereka tetep perempuan. Perempuan dengan segala pikiran dan pilihannya, dan ngga ada yang salah dengan hal itu.


So please girls.....jangan bikin perempuan lain down dengan apa yang kalian anggap sebagai sebuah “nilai perempuan” itu, karena ya....perempuan yang mana dulu yang kalian maksud? Berjuta perempuan diluar sana dengan pikiran dan pilihan yang berbeda.


Omongan gue barusan juga berlaku ke semua orang yang suka berisik dengan “kodrat perempuan”.



Sincerely,
Etha, belom ngeringin rambut.









Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

5 komentar:

  1. Perempuan tuh kodratnya kalo sein kiri beloknya kudu ke kanan

    BalasHapus
  2. perempuan tuh kodratnya marah2 kalo dibilang gendutan

    BalasHapus
  3. pen comment tapi hmm ada hmm

    nga ikutan ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada anu yg gue galauin ke lo kapanan hari itu ya mak 😂😂

      Hapus
    2. iya :D

      tapi emang bener sih peran perempuan berubah seiring jaman. yang menjadikan kita perempuan memang dari diri kita bukan peran yang kita jalani.
      kalo perempuan harus bisa masak, apa koki berpenis harus kita panggil perempuan?
      soal gender emang bias banget tapi gue selalu suka tulisan tentang perempuan termasuk tulisan lo tha.

      cheers for human no matter what gender you are!

      Hapus